Pages

Minggu, 27 November 2011

Cara Mengatasi Kram Betis

tby khusnul
Anda sering mengalami kram pada bagian betis Anda secara tiba-tiba? Anda tak tahu penyebab dan bagaimana mengatasinya? Yuk, kita simak seputar kram pada betis berikut.
Kram pada betis sering terjadi secara tiba-tiba dan terasa sakit karena adanya kontraksi pada otot betis. Kram pada betis sering terjadi pada malam hari atau menjelang pagi ketika sedang berjalan atau saat melakukan aktivitas yang cukup berat atau olahraga tanpa pemanasan terlebih dahulu.
Kram betis dapat terjadi karena pembuluh darah arteri yang mengangkut darah dan oksigen menciut dan mengejang sehingga pasokan darah ke betis berkurang, otot kaki mengalami cedera atau tegang, memakai kaus kaki atau celana terlalu ketat di sekitar betis sehingga aliran darah terhambat. Juga dapat terjadi karena adanya gangguan susunan garam mineral dalam darah (ketidakseimbangan elektrolit).
Kram betis dapat dicegah, yaitu dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga dan setelah selesai lakukan pendinginan, banyak minum air putih dan minuman yang mengandung elektrolit. Ketika berbaring, naikkan kaki lebih tinggi daripada kepala, lemaskan otot dan urut perlahan betis yang kram dan kompres betis yang kram dengan air panas.
Selain di kompres dengan air panas, dapat juga diobati dengan ramuan tradisional/herbal yang terbuat dari daun sembung, bunga mawar merah, dan bunga soka siantan. Caranya:
  • Siapkan 30 gram daun sembung segar, 3 kuntum bunga mawar merah, dan 2 kuntum bunga soka siantan.
  • Cuci semua bahan hingga bersih.
  • Rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring.
  • Minum 2 kali sehari, masing-masing 150 cc.
Untuk pengobatan dari luar, gunakan 2 sendok makan minyak serai yang dicampur dengan 2 sendok makan minyak cengkih. Kemudian gosokkan pada bagian betis yag kram.
Lakukan pengobatan baik dari dalam maupun dari luar secara teratur hingga sembuh.
Sumber: Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit (Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma)

0 komentar:

Posting Komentar